Champions : Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund - Bukan Koran
Headlines News :
Home » » Champions : Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund

Champions : Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund

Written By Unknown on 7 November 2012 | 05.02

Champions : Real Madrid 2-2 Borussia Dortmund
Real Madrid vs Borussia Dortmund
Real Madrid bermain imbang 2-2 saat menjamu Borussia Dortmund dalam lanjutan putaran Grup D Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (7/11) dini hari WIB.

Dengan hasil ini, Dortmund masih memuncaki klasemen sementara dengan raihan delapan poin dari empat pertandingan, sementara Los Blancos ada di peringkat kedua dengan tertinggal satu poin dari klub Bundesliga Jerman itu. Posisi ketiga dan keempat ditempati Ajax dan Manchester City, yang di pertandingan lain juga bermain imbang 2-2.

Real Madrid menurunkan Raphael Varane sebagai starter, mendampingi Pepe sebagai duetcenter-back. Sergio Ramos dipasang sebagai bek kanan, sementara Alvaro Arbelo sebagai bek kiri. Xabi Alonso mengisi posisi Michael Essien, yang jadi starter saat Real Madridmenang 4-0 atas Real Zaragoza pada akhir pekan lalu.

Sementara itu, pelatih Jurgen Klopp memasang Robert Lewandowski sebagai striker tunggalDie Borussen, namun mendapatkan dukungan kuat dari trio gelandang serang, Marco Reus, Mario Gotze, dan Kevin Grosskreutz.
Babak Pertama

Tim tamu melakukan inisiatif serangan di awal babak pertama. Sebuah usaha didapat Lewandowski, namun masih bisa digagalkan Varane. Beberapa sata kemudian, giliran pasukan El Real yang beberapa kali menggempur pertahanan Dortmund, namun mentah karena masih ketatnya pertahanan lawan.

Pertahanan Real Madrid terancam pada menit kesembilan. Diawali tendangan Marcel Schmelzer yang masih bisa dihalau kiper Iker Casillas, bola kemudian mengarah kepada Lewansowski, namun tendangan sang striker masih melebar di atas mistar gawang.

Peluang bagus didapat Real Madrid pada menit ke-21. Terlepas dari jebakan off-side, Gonzalo Higuain mengirim bola melalui sisi kiri kotak penalti lawan, dan mengarah kepada Ronaldo. Sayang, sundulan kepala sang bintang masih belum akurat dan hanya menyamping di sisi kanan gawang.

Dua menit berselang, pertahanan Dortmund kembali diuji. Tendangan keras Ronaldo masih membentur salah seorang pemain lawan, begitu pula tendangan jarak jauh Angel Di Maria.

Real Madrid harus tertinggal lebih dahulu pada menit ke-27. Sebuah umpan jauh mampu diteruskan dengan sundulan kepala Lewandowski kepada Marco Reus di sisi kiri pertahanan tuan rumah. Dengan sedikit melakukan langkah dan kontrol, Reus melepaskan tendangan keras di sisi kiri kotak penalti dan bola mengarah ke pojok kiri atas gawang, tanpa bisa dihalau Casillas.

Pepe akhirnya menyamakan kedudukan untuk Real Madrid pada menit ke-34. Menerima umpan lambung Mesut Ozil di sisi kanan pertahanan tim tamu, sang bek itu melakukan sundulan kepala yang mengalir deras dan tepat ke tengah gawang, tanpa bisa diatisipasi Roman Weidenfeller.

Ancaman untuk Dortmund kembali datang dua menit berselang. Umpan jauh Xabi Alonso dari sisi kanan pertahanan lawan, sebenarnya mampu diteruskan dengan sundulan kepala Sergio Ramos. Namun, sang bek itu kurang maksimal dalam menyundul dan bola jauh dari sasaran.

Ronaldo nyaris membawa timnya unggul andai ia tidak mendapat kawalan ketat dari salah satu bek tim tamu saat berusaha masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan. Pemain asal Portugal itu tampak terjatuh, namun wasit tidak menganggap adanya pelanggaran.

Dortmund kembali unggul lewat aksi Mario Gotze. Meneruskan umpan Lewandowski, ia melepaskan tendangan ke tengah gawang, tanpa bisa dikawal bek-bek El Real.

Babak Kedua

Untuk menambah daya gedor tim, pelatih Jose Mourinho menarik keluar Higuain, yang tampil kurang maksimal di pertandingan ini dengan memasukkan Jose Callejon. Begitu juga Michael Essien masuk, menggantikan Luka Modric.

Baru dua menit memasuki babak kedua, Real Madrid sudah menebar ancaman. Callejon berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang Weidenfelle, namun hakim garis mengangkat bendera pertanda sang pemain sudah terjebak off-side

Beberapa saat kemudian, Callejon juga memiliki peluang bagus. Tendangan kerasnya dari sisi kiri dekat kotak penalti Dortmund, masih menyamping di sisi kiri gawang.

Reus melakukan aksi berbahaya di dalam kotak penalti pada menit ke-56. Beruntung masih ada Alonso yang melakukan tekel bersih sehingga mementahkan peluang tim lawan.

Callejon benar-benar membuat permainan Real Madrid menjadi hidup. Terlepas dari jebakan off-side, ia berusaha melewati hadangan Weidenfeller untuk melepaskan tendangan ke arah gawang. Bola mampu dihalau sang kiper dan kembali kepada Callejon, namun tidak ada rekan yang membantu membuat peluang menjadi terbuang sia-sia.

Peluang didapat Real Madrid saat Mats Hummels mendapat kartu kuning usai menghadang laju Ronaldo di depan kotak penalti. Tendangan bebas Alonso sebenarnya mengarah cukup bagus, namun karena terlalu tinggi, Sergio Ramos gagal menyambut dengan sundulan kepala.

Ketatnya pertahanan Dortmund membuat kubu Real Madrid mencoba usaha lain. Pada menit ke-71, Angel Di Maria melepaskan tendangan keras dari jarak jauh, namun usaha itu belum membuahkan hasil karena masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-78, Ronaldo nyaris saja membawa timnya unggul andai sepakannya dari jarak dekat tidak dihalau Weidenfeller. Kaka, yang baru saja masuk, kemudian berusaha mengejar bola dan terlihat terjatuh, namun wasit tidak memberikan hadiah penalti untuk Real Madrid.

Peluang emas didapat tuan rumah saat pertandingan menyisakan lima menit lagi. Sontekan Callejon dari jarak dekat dan dalam posisi bebas masih mengenai kaki salah satu pemain Dortmud yang ada di tengah gawang. Beberapa saat kemudian, umpan jarak jauh Di Maria mampu diteruskan dengan sudulan kepala Pepe di depan gawang, namun bola mengarah tepat dalam dekapan Weidenfeller.

Ozil akhirnya menjadi penyelamat buat Real Madrid pada menit ke-88. Tendangan bebas fantastis dilesakkan sang gelandang di sisi kiri pertahanan Dortmund. Dengan kaki kirinya, ia mengarahkan bola ke pojok kiri gawang, tanpa bisa digapai Weidenfeller.

Susunan Pemain:

Real Madrid Starting XI (4-2-3-1): Casillas; Ramos, Varane, Pepe, Arbeloa; Alonso, Modric; Di Maria, Ozil, Ronaldo; Higuain.

Cadangan: Adan, Carvalho, Albiol, Nacho, Kaka, Essien, Callejon.

Borussia Dortmund Starting XI (4-2-3-1): Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Kehl, Gundogan; Gotze, Reus, Grosskreutz; Lewandowski.

Cadangan: Langerak, Lowe, Felipe Santana, Bender, Leitner, Perisic, Schieber.

Kolom Komentar

Komentar